Sistem (Database, webserver, hardware, firewall, dsb) dari eCurrency (Liberty Reserve) adalah aman. Dengan kata lain hampir dikatakan tidak mungkin bagi pihak luar (hacker, cracker, dsb) untuk mengakses dari luar atau menembus sistem ecurrency dan kemudian melakukan perubahan data. 

Yang dapat dilakukan oleh hacker adalah menembus melalui kelemahan sistem user (pemakai atau kustomer ecurrency).

AMANKAN SISTEM KOMPUTER YG ANDA GUNAKAN :
  • Jika anda menggunakan OS Windows. - Pastikan bahwa anda menggunakan software yang asli. - Pastikan bahwa windows live update Anda selalu aktif. Dan Anda harus terus mengikuti update (Terutama untuk security update windows). Langkah ini adalah penting dan harus dilakukan.(Tanpa security update, Windows anda akan rawan dari virus ataupun spyware dsb)
  • Gunakan Antivirus, Antispyware, dan Firewall. Serta gunakan pula software yang asli. Contohnya anda dapat gunakan dari(Kaspersky, Norton, Mc affe, Zone Alarm, dsb). Namun semua software proteksi inipun harus selalu diupdate, Supaya mampu menangkal virus2 ataupun spyware yang selalu baru bermunculan.
  • Saat anda mengakses situs ecurrency atau menggunakan internet pastikan firewall, anti virus, anti spyware anda aktif. Serta pastikan anda telah mengakses alamat url dari ecurrency dengan benar.

MENGGUNAKAN ECURRENCY DENGAN BER HATI-HATI:
  • Pemilihan dan penggunaan Password : Gunakan konfigurasi Huruf Besar, Huruf Kecil Dan Angka. - Semakin Panjang dan tak beraturan semakin bagus (Asal anda juga jangan sampai lupa). - Jangan menggunakan password eCurrency untuk yang lain(misal: email, program2 internet, dsb.
  • Pemilihan email untuk registrasi di eCurrency : Gunakan 1 email khusus, dan jangan gunakan email tsb untuk program2/situs2 lain di internet.
  • Pengaturan konfigurasi level keamanan akses. Masing-masing ecurrency biasanya selalu menerapkan bermacam-macam level perlindungan atas account user. Aktifkan(enable) sistem pendeteksian IP(jika ada), hal ini akan memberikan perlindungan tambahan ke account kita, sehingga jika terjadi akses ke account kita dari IP yg berbeda dengan sebelumnya. Sistem akan meminta konfirmasi(biasanya by email)  

BERSIKAP HATI-HATI DAN WASPADA:
  • Jika Anda menerima email yang isinya mengajak Anda untuk meng update account anda. Jangan Pernah diklik atau pun diikuti. Walaupun email tersebut memiliki format tampilan resmi Jangan pernah diikuti. biasanya email ini akan memberikan link ke suatu situs palsu yg mirip aslinya(phising). Dan lalu berisi info2 atau permintaan untuk update data(user/pwd, dsb), jika anda ikuti maka user/pwd anda akan dapat diketahui dan acc anda akan dicuri.
  • Pastikan dan memeriksa kembali apakah anda telah mengakses situs eCurrency dengan URL/alamat yang benar.
  • Mengakses situs eCurrency dari PC Umum (warnet, kantor, komputer bersama) adalah sangat beresiko. Bahaya tersembunyi adalah kita tidak mengetahui seandainya komputer tersebut telah di install software(spy, kena virus, dsb). Sehingga beresiko user/pwd kita dapat tercuri. 4. Juga beresiko tinggi, menggunakan komputer yang ramai dengan aplikasi/software/freeware, apalagi yg diinstal secara asal2 dari hasil download di internet.
  • Selalu mengikuti panduan resmi tips resmi eCurrency. Untuk Liberty Reserve bisa anda baca di url https://www.libertyreserve.com/en/fraud_alert/index.aspx 
  • Jangan mengunjungi situs program yang menawarkan investasi dengan profit tinggi seperti HYIP dan Autosurf karena banyak virus dan spyware.
  • Anda juga sebaiknya selalu luangkan waktu untuk membaca-baca tips2 dan artikel keamanan surfing di internet.
  • Jangan ragu atau malu untuk bertanya kepada teman atau siapapun yg anda rasa lebih senior dan mengetahui bagaimana cara mengamankan account.
  • Jika anda pemula lebih baik mempelajari dulu semua tentang ecurrency . Dan tidak memasukkan dana yang besar.
  • Mungkin tips dan cara2 diatas agak merepotkan. Namun seyogyanya lebih baik dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan.

Post a Comment